≡ Menu

Ada Masalah Dengan Penjualan Online Anda? Baca Ini!

business-tourist-etiquette

Bila ingin tahu penyebab masalah terhadap penjualan online anda maka ada beberapa langkah yang harus anda jalankan seperti yang akan kami instruksikan melalui panduan ini yaitu panduan untuk menuntaskan segala masalah-masalah yang timbul dibidang penjualan online.

Masalah tidak akan tuntas hingga anda tahu detail bagaimana performa website penjualan anda. Oleh karena itu sebelum mengetahui lebih detail sekaligus mencari jalan keluarnya adalah dengan menggunakan data analitik.

Toko online adalah toko virtual yang sifatnya maya, kita tidak dapat langsung bertemu muka dengan pengunjung toko online kita seperti layaknya toko offline tapi kita hanya tahu siapa pengunjung toko online kita melalui beberapa hal seperti:

  1. alamat IP
  2. browser
  3. referer
  4. keyword

Dan untuk mengetahui (setidaknya 4 hal diatas) anda harus menggunakan analitik. Saat ini kebanyakan orang menggunakan Google Analytic, Alexa ataupun menggunakan CMS Analytic semacam Piwik. Dari data analytic itulah kita bisa melakukan pemantauan kemudian melakukan analisa dan akhirnya melakukan perbaikan-perbaikan yang di perlukan.

Setelah anda menginstall atau mendaftar ke layanan analytic (pencatatan data pengunjung web) maka anda bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang saat ini sedang anda hadapi menggunakan data yang telah di sediakan analytic setelah 30 hari kemudian. Biasanya masalah-masalah yang timbul terhadap penjualan online adalah:

Posisi Website Yang Kurang Beruntung

Pastikan anda menggunakan jasa SEO yang tepat atau gunakan iklan Google Adwords kalau mau cepat naik posisi secara instant.

Posisi Website Sudah Bagus Tapi Tidak Ada Pengunjung

Bila masalah ini muncul maka periksalah performa website anda, seperti: waktu up time, waktu loading, apakah mobile friendly atau bahkan periksa ulang keyword yang anda optimasikan apakah termasuk jenis keyword yang mempunyai rating yang tinggi atau sebaliknya.

Pengunjung Banyak Tapi Tidak Ada Interaksi

Dari data analytic anda bisa mengetahui berapa banyak jumlah pengunjung website anda dalam sehari. Bila pengunjung banyak tapi tidak ada interaksi seperti mengirim email, menelpon, kirim SMS dan lain sebagainya maka kemungkinan besar pengunjung tidak tertarik dengan penawaran yang anda berikan, kurang yakin dengan bisnis anda, ada masalah dengan sistem komunikasi yang anda pakai dll.

Solusinya adalah dengan membuat perbandingan antara penawaran yang anda berikan dengan penawaran yang diberikan oleh kompetitor anda. Membuat website anda lebih mampu meyakinkan calon kostumer, memeriksa sistem komunikasi dll.

Pengunjung Banyak, Interaksi Banyak Tapi Sedikit Yang Beli

Ini masalah yang selanjutnya, bila ini masalahnya ada kemungkinan tim kustomer service anda kurang ramah atau kurang mampu untuk meyakinkan calon kustomer. Solusinya tidak lain dan tidak bukan adalah dengan memperbaiki cara anda berkomunikasi dengan calon kustomer.

Posisi Website Buruk Tapi Pembeli Banyak

Mungkin ini membuat anda heran! dan biasanya pertanyaan ini muncul setelah anda melihat penjualan kompetitor anda yang bagus padahal posisi websitenya buruk dan jauh di bandingkan dengan posisi website anda. Ini masalah!

Bila muncul masalah seperti ini maka menurut kami adalah bahwa kompetitor anda pandai merawat konstumer atau memasarkan produknya melalui sosial media atau secara offline menggunakan media cetak atau memaksimalkan fungsi viral marketing.

Solusi Buat Anda

Solusi dari permasalahan ini cuma satu yakni: “pelajari bagaimana kompetitor anda berbisnis lalu kemudian ikuti cara mereka berbisnis”. Tambahkan “secret recipe” agar bisnis anda satu atau dua langkah diatas kompetitor anda.

Anda harus temukan siapa “man behind” kesuksesan kompetitor anda, bagaimana cara mereka berpromosi, bagaimana cara mereka beinteraksi dengan calon pelanggan, bagaimana tampilan situs penjualannya dan apa kata-kata yang di gunakannya.

Ingat! anda hanya melihat konsep dan prosedur yang mereka (kompetitor) gunakan bukan mencontek mentah-mentah sertiap aspek yang mereka kerjakan. Tetap lakukan inovasi, perubahan-perubahan yang natural (jangan ngasal).

Comments on this entry are closed.