≡ Menu

Bagaimana Cara Memberikan Bonus Kepada Pelanggan Tanpa Harus Mengurangi Keuntungan?

Memberikan Bonus Kepada Pelanggan

Judul artikel ini cukup panjang kalau kami teruskan lagi “Bagaimana cara memberikan bonus (reward) kepada para pelanggan tanpa harus mengurangi keuntungan penjualan tapi malah dari bonus yang kita berikan itu kita malah mendapatkan tambahan keuntungan?” ingin tahu apa jawabannya? so check this post!

Konsep Bisnis Yang Dianggap Bikin Rugi Tapi Justru Bikin Untung

Tahukah anda berapa milyar dollar Google membangun data center untuk membuat aplikasi pencarian online? jumlahnya pasti banyak! males ngitungnya bukan? tapi apakah anda dikenakan biaya untuk menggunakan aplikasi yang diberikan Google yang jelas-jelas dibangun dengan biaya milyaran dollar?

Apakah Google rugi? anda sudah tahu jawabannya! tapi yang menjadi nilai lebih dari contoh kasus Google adalah bahwa yang gratis itu belum tentu bisa memberikan kerugian.

Keuntungan yang didapat Google adalah melalui program periklanan yang disematkan dibagian tertentu dihalaman hasil penelusurannya. Iklan Google ini bukan iklan sembarangan karena pada hakikatnya yang di jual Google melalui program iklan adwords nya adalah menjual kata. Bisakah anda bayangkan didunia ada berapa milyar kata dari berbagai negara didunia?

Konsep Bisnis Yang Dikira Bikin Bangkrut Tapi Malah Bikin Kita Kaya

Google yang memberikan aplikasinya secara gratis untuk kita gunakan kami anggap belum konsep bisnis yang gila tapi baru setengah gila karena ada satu konsep bisnis yang lebih gila lagi yaitu keuntungan minus!

Bila anda menggunakan Google gratis tapi bila anda menggunakan aplikasi yang satu ini bukan cuma gratis tapi anda juga dibayar! so keuntungannya bukan nol lagi tapi minus! dan benar-benar gila beneran. Aplikasi apa itu? jawabnya adalah aplikasi pengirim SMS gratis. Anda tidak cuma diberikan fasilitas berupa aplikasi untuk mengirim SMS secara gratis tapi anda juga akan dibayar bila anda  menggunakannya.

Darimana si perusahaan SMS itu mendapatkan keuntungan? jawabannya sangat sederhana yakni melalui data nomor handphone yang anda gunakan yang mereka simpan kedalam sistem. Dengan nomor telpon yang mereka miliki mereka bisa menggunakannya untuk membuat layanan SMS massal yang tertarget. SMS iklan massal yang bisa di targetkan siapa penerimanya mulai dari usia, jenis kelamin, tempat tinggal, hobby dan lain sebagainya.

Ngasih Bonus Kepada Pelanggan Tanpa Mengurangi Keuntungan Aja Kok Repot??

Memberikan Bonus Kepada PelangganCara atau praktenya tentu berbeda-beada tergantung dari bisnis yang anda jalani. Sebagai contoh akan saya sederhanakan menjadi seperti dibawah ini.

Tawarkan Produk Yang Bisa Anda Katakan Itu Sebagai Hadiah (bonus)

Bila anda seorang pengusaha jasa travel anda bisa menawarkan T-shirt cantik kepada pelanggan yang kemudian bisa anda sebut itu sebagai bonus.

Caranya: katakan pada pelanggan”Pak/bu, kalau bapak/ibu mau menambah Rp79.999 (jangan bulatkan angka tapi gunakan angka yang ganjil) bapak/ibu bisa mendapatkan T-shirt keren senilai Rp100.000 + gratis permainan pantai (misal: banana boat) t-shirt nya keren lho pak/bu kan jadi seru kalau diapakai seragam sekeluarga + kalau bapak bayar sewa permainan pantai itu Rp40.000 perorang lho pak/bu jadi untung lha kalau bapak/ibu nambah Rp79.999 dapat t-shirt keren + gratis naik banana boat bla…bla…bla…

Sekarang kita hitung

Harga membuat t-shirt berukuran M yang disablon dengan 3 warna tidak lebih dari Rp40.000 + membayar sewa permainan pantai harga travel cuma Rp25.000,- (40.000 + 25.000=65.000) dengan harga jual t-shirt 80.000 maka untungnya adalah 15.000/t-shirt. Kalau jumlah peserta wisata 10 orang perminggu untungnya sudah jelas Rp150.000×4= 600.000 tapi bagaimana bila total dalam setahun 600.000 x 12= 7.200.000,-

Ada dua keuntungan disini:

  1. Dari penjualan t-shirt
  2. Gratis promosi nama dan logo perusahaan (website) yang disablon di t-shirt kalau dipakai konsumen

Anda bisa memodifikasi isi bonus sesuai dengan situasi dan kondisi yang sesuai dengan ruang lingkup bisnis anda. Dan inilah salah satu strategi kami untuk meningkatkan revenue para client-clien kami hingga mencapai 600%.

Comments on this entry are closed.