≡ Menu

Perlukah Negative Campaign – Black Campaign Didalam Marketing

blackcampaign

Jangan salah dalam mengartikan istilah keduanya yaitu negative campaign dan black campaign. Didalam pemasaran keduanya kerap di pakai oleh siapapun juga mulai dari usaha perorangan. perusahaan kecil hingga besar. Nah tulisan ini akan membahas sedikit tentang keduanya semoga bermanfaat.

Negative Campaign

Kita semua sepakat konsumen harus mendapatkan barang yang dibelinya sesuai yang dijanjikan oleh penjual atau yang tertera didalam keterangan produk. Kemudian kita pun sepakat bila seharusnya para produsen dan penjual itu benar-benar berlaku jujur kepada konsumen dan bila ada produsen atau penjual yang berlaku curang maka kita sebagai konsumen harus memperingati para calon konsumen lainnya agar tidak membeli produk/barang dari produsen yang bermasalah itu.

Bila sudah begini maka sangat diperlukan apa yang disebut dengan negative campaign yang tujuannya semata-mata demi memberikan produk/jasa yang baik kepada konsumen.

Bila anda seorang produsen kemudian anda mendapati produk yang anda jual ternyata lebih bagus dibandingkan dengan produk yang di jual pesaing bisnis anda maka anda wajib! untuk menyampaikannya (tentunya dengan cara yang benar dan berikut data-data yang valid).

Negative campaign adalah menyampaikan kebenaran yang didukung oleh pembuktian yang valid dan semata-mata agar masyarakat dalam hal ini calon konsumen tidak dirugikan.

Contoh yang mungkin cocok untuk negative campaign ini misalnya:

Anda adalah seorang penjual bakso yang membuat bakso dengan bahan-bahan terbaik tanpa pengawet (borax/formalin) lalu kemudian anda melihat tukang bakso lain (pesaing usaha) yang membuat bakso dengan daging busuk + berformalin pula maka bila anda mengatakan yang sebenarnya kepada para konsumen bila pedagang bakso itu pakai formalin berbahaya maka anda sudah melakukan negative campaign yang sangat dianjurkan.

Jadi negative campaign ini sangat diperlukan agar tercipta suasana yang saling menguntungkan antara anda sebagai produsen/penjual dengan konsumen yang membeli produk anda.

Black Campaign

Black campaign lebih cocok dikatakan sebagai fitnah!, hoax, pencemaran nama baik, pembunuhan karakter dan lain seterusnya. Black campaign jelas bertentangan dengan hukum karena orang yang melakukannya sama juga dengan melakukan fitnah.

Negative Campaign dan Black Campaign di Dalam Marketing

Jangat takut untuk melakukan negative campaign didalam memasarkan produk dan jangan pula menganggap negative campaign itu sebagai hal yang tabu dan dilarang oleh agama dan hukum yang ada. Bila anda melakukan negative campaign malah anda akan mendapatkan pahala dan penghargaan dari konsumen bila anda melakukan penelitian kemudian dapat membuktikannya.

Kasus terbaru yang mungkin berhubungan dengan negative campaign ini adalah perseteruan antara Google dan Microsoft tatkala Google mempublikasikan terdapat bug yang berbahaya didalam windows 8. Tindakan Google sangat dibenarkan karena tujuannya adalah untuk melindungi konsumen. Dan itulah fungsi dari negative campaign.

Sedangkan black campaign walau pada prakteknya mirip dengan negative campaign tapi memiliki perbedaan didalam orientasi karena black campaign lebih condong kepada fitnah.

Comments on this entry are closed.