≡ Menu

Tipe/Jenis/Macam Promosi Yang Wajib Anda Ketahui

Marketing Strategy

Punya bisnis? jika ya! maka wajib hukumnya untuk melakukan promosi. Banyak sekali cara berpromosi itu dari yang paling unik sampai yang paling kampungan dari yang gratis sampai yang milyaran, Dari yang ngeselin sampe yang bikin nangis bahkan ada yang nekad sampai rela masuk penjara!

Contoh Sederhana Yang Ada Disekitar Kita

Misalnya:

Tukang somay sepeda! lha lha lha bagaimana caranya tukang somay berpromosi?  pasang banner kah? bikin umbul-umbul kah? atau pasang iklan di TV kah? wah bisa bangkrut gan!. Nah kalau anda tidak tahu berarti anda tidak peka! 😀

Perhatikan tukang somay sepeda saat berkeliling kampung menjajakan dagangannya. Sambil menggenjot sepeda ia berpromosi dengan caranya yang sangat unik yaitu dengan mengetuk-ngetuk sendok ke stang sepedanya ting ting ting….Atau tukang sate yang teriak teeeeiiiii….

Atau tukang kredit sprei yang menggoda ibu-ibu saat menjemur pakaian di pagi hari, “sprei bu ganti tuh spreinya udah butut pakai yang ini nih katun asli 24 bulan nyicil bikin tidur enak tambah disayang suami….bla…bla…bla…

Tipe/Jenis/Macam Berpromosi Yang Wajib Anda Ketahui

Sebenarnya saya bingung menentukan judul ini, apakah tipe atau jenis atau macam? karena kata tipe, jenis dan macam semuanya hampir memiliki sinonim yang sama jadi daripada bingung mending saya kasih judul semuanya biar tambah rame…Nah! kita mulai pembahasan kita & gak usah ngebahas judul.

Secara ilmu marketing promosi itu terbagi kedalam dua macam atau tipe atau jenis 😀 yakni:

  1. Mengingatkan
  2. Menawarkan

Anda harus dapat membedakannya dengan tepat supaya biaya anda untuk berpromosi tidak habis sia-sia.

Tukang somay dan tukang sate diatas adalah contoh tipe berpromosi yang disebut dengan promosi “mengingatkan”. Kita ambil contoh! pernahkah ketika anda sedang nonton TV jam 7 malam lalu mendengar suara ting.. ting… ting… bila anda sudah tahu itu tukang somay sebelumnya maka pikiran bawah sadar anda akan mengatakan “ah itu tukang somay…” atau dog..dog..dog  ah itu tukan mie dog-dog atau tek..tek…tek.. ah itu tukan mie tek tek dst dsb…

Bunyi suara yang khas akan mengingatkan kita terhadap sesuatu dan itu baru dari suara saja belum berbentuk visual kita sudah tahu ada yang mengingatkan kita kalau suara ting ting ting itu tukang somay.

Kemudian apa yang dilakukan tukang kredit sprei yang saya tuliskan tadi itu adalah apa yang disebut dengan tipe berpromosi “menawarkan” (direct selling) straight to consumer untuk menawarkan barang dagangannya.

Sekarang Giliran Anda Berpromosi

Sebelum melakukan promosi anda harus bisa mengklasifikasikan terlebih dahulu jenis promosi yang akan anda lakukan apakah mengingatkan atau menawarkan. Apa goal nya? berapa biayanya? berapa ROI nya? dan seterusnya

Bila budget yang tersedia 1jt misalnya, jangan gunakan semuanya dulu tapi gunakan separuhnya hingga anda mendapatkan data progress berpromosi apakah positif atau negatif.

Contoh iklan adword Google dan SEO pada intinya adalah cara berpromosi menawarkan. Bila tukang kredit menawarkan secara verbal karena face to face maka yang cara/metoda menawarkan yang anda lakukan adalah melalui media visual entah itu berupa banner, video, testimoni atau artikel.

Point terpenting adalah anda harus tahu siapa yang datang ke website anda, apa browsernya, darimana asalnya, apa yang diinginkannya, apa emailnya baru setelah itu anda bisa melakukan marketing secara verbal.

That’s All

Marketing Strategy

Comments on this entry are closed.