Home » Blog » Cara Mengetahui Dan Perbaiki Timbangan Digital Yang Tidak Akurat

Cara Mengetahui Dan Perbaiki Timbangan Digital Yang Tidak Akurat

Cara Mengetahui Dan Perbaiki Timbangan Digital Yang Tidak Akurat

Bagaimana cara mengetahui timbangan digital yang kita pakai sudah tidak akurat lagi?. Lalu bagaimana cara perbaiki timbangan digital yang tidak akurat tersebut? nah! didalam artikel ini akan coba kami urai satu persatu berdasarkan kedua masalah tersebut. Tujuannya adalah agar anda bisa tahu penyebab ketidak akuratan itu sekaligus bisa memperbaiki error timbangan itu secara langsung.

Timbangan Digital

Umumnya orang memilih timbangan digital karena efektif dan efisien dalam penggunaan sehari-hari. Klik link ini untuk mengetahui sejumlah tipe dan jenis timbangan digital yang beredar di pasaran. Mungkin saja anda tertarik juga untuk membeli produk timbangan digital ini disitus toko timbangan tersebut. Keuntungannya adalah anda bisa mendapatkan gratis biaya pengiriman, gratis kalibrasi bulanan dan garansi yang panjang hingga 5 tahun.

Saat ini banyak sekali tipe timbangan digital yang dijual di toko-toko online. Tetapi akan lebih tepat membelinya setelah anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan penjualnya. Mana timbangan digital yang sesuai dengan kebutuhan dan mana yang tidak. Semua itu akan dijawab saat anda bertanya pada marketing penjualnya langsung yang ahli. Sehingga problem atau masalah error tidak akurat saat menimbang, sering rusak, sering ngadat, mati, lampu display tidak menyalah dan lainnya dapat segera diatasi.

Beberapa contoh tipe timbangan digital itu misalnya: timbangan lantai, timbangan supermarket, timbangan crane, timbangan hewan, timbangan lab dan masih banyak lagi tipe lainnya. Lihat koleksi tipe-tipe timbangan digital disini.

Cara Mengetahui Penyebab Timbangan Digital Tidak Akurat

Timbangan digital pada hakikatnya sama seperti timbangan manual (konvensional) pada umumnya. Ia tetap harus dirawat dan dibersihkan secara berkala. Terlebih lagi jika perangkat timbangan anda berada di area yang lembab, berdebu atau sering menimbang barang basah atau mengandung air sehingga sisa kotoran atau materialnya menempel pada piring timbangan.

Hal itulah yang menyebabkan timbangan menjadi tidak akurat. Efek dari kotoran yang menempel dan basah adalah bisa menimbulkan korsleting pada perangkat elektronik. Bisa menimbulkan karat yang menghambat arus penghantar listrik pada komponen timbangan.

Kemudian yang kedua adalah tegangan arus listrik di tempat anda tidak stabil. Atau, ada terjadi kerusakan pada komponen power timbangan (bisa kendor kabelnya bisa juga karena sudah terlalu lama). Supply listrik yang masuk kedalam perangkat elektronik haruslah stabil dan ini berlaku pada semua perangkat elektronik tidak terbatas pada timbangan digital saja. Oleh karena itu bila memang asupan listrik ditempat anda tidak stabil (tandanya lampu sering berkedip) maka anda perlu stabilizer.

Yang Ketiga adalah bahwa kondisi jaringan rangkaian listrik ditempat anda tidak terpasang dengan baik. Tidak terjadi kesesuaian antara asupan listrik dengan perangkat kabel jaringan didalam rumah atau gedung. Konektivitas antar kabel tidak terkoneksi dengan benar sehingga renggang dan menimbulkan percikan api. Efeknya adalah bisa membuat perangkat elektronik menjadi cepat rusak.

Yang Keempat, bahwa timbangan digital anda harus di kalibrasi ulang. Bawalah timbangan itu ke pusat service, perawatan dan perbaikan kalibrasi timbangan digital terdekat. Tujuan kalibrasi adalah untuk melakukan setting konfigurasi timbangan agar sesuai dengan mekanismenya. Tidak semua orang tahu dan bisa bagaimana cara mengkalibrasi timbangan digital agar akurat lagi. Oleh sebab itu bawalah perangkat timbangan digital anda ke tempat yang benar.

Cara Perbaiki Kerusakan Timbangan Digital Yang Tidak Akurat

Cara perbaiki timbangan digital mati total, berkedip-kedip, lamput LED display tidak menyalah, sensor kurang sensitif, korslet, tidak menyalah dll itu tidak semudah kita memperbaiki alat elektronik lainnya. Jika kerusakan pada TV anda harus perbaiki di tukang service TV. Begitupun dengan komputer, lemari es, AC, mesin air, HP dan sejenisnya. Begitupun dengan timbangan digital yang rusak dan tidak akurat dalam menimbang barang harus dibawa khusus ke tukang service spesialis timbangan digital.

Biasanya tukang service akan mendeteksi kerusakan itu mulai dari power supply (adaptor) timbangan digital anda. Baru kemudian masuk memeriksa bagian-bagian lainnya seperti:

  1. lampu LED menyalah atau tidak
  2. Memeriksa sensor dibawah tray (piringan timbangan)
  3. Memeriksa chip
  4. Memeriksa perangkat lunak (software)
  5. dll

Dimana pusat jasa service perbaikan timbangan digital? jawabnya adalah di www.tokotimbangandigitalmurah.web.id yang sekaligus situs online penjual timbangan digital Kenko.

Jika anda tidak ingin mengalami masalah karena sering terjadi error pada timbangan maka saran saya adalah belilah produk timbangan digital yang bagus. Saat ini tersedia merek timbangan digital yang bagus yang namanya Kenko.

Jika anda butuh produk timbangan dengan jumlah yang besar sebaiknya beli langsung di distributor timbangan digital di kota terdekat anda. Tujuannya adalah agar jika terjadi kerusakan atau ingin melakukan service semuanya menjadi mudah dan murah.

Kenko merupakan alat timbangan digital yang paling banyak dipakai di Indonesia karena mutunya yang baik, canggih, kuat, handal, tahan lama dan bergaransi 5 tahun. Kenko termasuk produk timbangan berkualitas dan paling banyak dipakai orang sedunia.

Rating (5 / 1)

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Heroni Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Heroni
Guest
Heroni
Rating :
     

kalau kerusakan timbangan saya itu lampunya kedip2 dan kalo nimbang selalu lebih 1 ons padahal sudah di kalibrasi tp masih gk akurat itu kenapa ya? mohon bantuannya ya